Mengenai Saya

Foto saya
My Name : dr. Jopie Artha Alhitya Dane .Spa Kita hanya miliki waktu yang terbatas. Ketika cahaya masih bersinar di atas sebelum kau ditelan gelap Dan aku kembali terlelap Kau hanya semu katanya, tidak pernah nyata Tapi hanya dirimu yang begitu dekat denganku selain Tuhan dan Bundaku.

Selasa, 20 September 2011

For What I Should, Not For What I Should Be

Hmm, kalo ngomongin soal cinta, gue rasa gak pernah ada yang berubah dari mulai jaman nenek moyangnya kuda nil sampe sekarang. Kata orang sih, sedih-senangnya kayak cuma berbatas kertas tipis doang. Tapi kalo menurut gue kayak kopi. Manis-getirnya nempel di tenggorokan. Bahkan, buat penggila kopi kayak gue ini, bisa bedain mana yang enak, mana yang gak enak. Mana cewek bening, mana cewek butek. (Anak SMP juga tau kali).

Nyokap gue pernah bilang gini ke gue, "Nyo, perempuan gak cuma diliat luarnya aja, tapi dalemnya juga". Artinya, manis di luar, manis pula di dalam. Hatinya maksud gue. Tapi, seandainya Nyokap gue bilangnya pas gue masih kelas 1 SD, udah pasti gue angkat satu-satu rok temen-temen cewek gue buat mastiin manis apa enggak. Kalo gue lakuin kayak gitu sekarang, yang ada gue ngobrol ama Bang Napi sambil megangin muka gue yang pada bengep-bengep.

*****

Gue dulu pernah deket ama seorang cewek, namanya Deiska, temen satu kampus gue. Deiska orangnya asik, nyantai, baek, gak sombong dan kapasitas otaknya juga bagus. Almost perfect!

Kok almost?

Karena dia bukan buat gue.

Sakit? Patah hati? Ancur kayak kue putu terjun bebas dari lantai 8 kantor gue?

Enggak.

Gue baek-baek aja.

Kok bisa?

Ya karena gue bukan kue putu.

Deiska satu jurusan ama gue di kampus. Bagi anak fakultas mesin, keberadaan seorang cewek bagaikan anugerah yang gak sengaja kececer dari ranselnya malaikat. Jatohnya pun pake amnesia dulu bahwa dia seorang cewek. Begitu sadar udah terlambat.

Waktu itu gue ama Deiska ngerjain skripsi yang sama, turbulensi mesin pesawat. Bagaikan rumus kalkulus tentang gerak putaran yang menghasilkan tenaga, gue ama Deiska ditambah intensitas pertemuan itu sama dengan ‘deket’.

"Nyo, udah nyampe mana tugas lo?" tanya Deiska.

"Gue? O, jelas.. Masih jalan di tempat." kata gue sambil nyengir.

"Gila, lo!"

"Abis gue bingung, Ka. Hasil praktek kemaren ama ocehan dosen beda banget."

"Lo aja yang gak nyimak. Makanya, nyimeng aja terus sana!" kata Deiska nyindir gue. "Udah, ntar gue ke rumah lo."

"Eh, jangan. Gue aja yang ke rumah lo." kata gue.

"Yakin lo nyampe rumah gue? Gak nyasar ke billiard kan?" alis Deiska naik turun.

"Gue usahain sekuat tenaga ngendaliin motor gue biar gak belok-belok."

"Nabrak, bego!" seraya Deiska ninggalin gue yang masih berpose ala Valentino Rossi nyusruk got.

Agak ironis juga sih. Gue kerja bareng Deiska, tapi lebih banyak Deiska yang memeras otak. Sementara gue, kebanyakan nyalin dengan alibi bahwa cowok itu lebih cocok ke prakteknya ketimbang nyatet-nyatet rumus yang bikin mata juling kemana-mana. Yah, setidaknya teori gue itu cukup bisa meyakinkan Deiska bahwa gue adalah partner yang pengertian.

Jadilah malam itu gue ke rumah Deiska. Sebelomnya emang Deiska udah nelpon gue duluan untuk mastiin kalo gue gak lupa. Padahal emang sebenernya gue pasti lupa kalo gak ditelpon.

"Mana tugas lo, Nyo?"

"Ada di flash disk. Lo colok aja."

"Buset! Tugas apaan yang lo kerjain?" kata Deiska kaget ngeliat tugas di flash disk gue. "Ini setengahnya aja juga belom nyampe, Nyo!"

Yap, emang gue jarang ngerjain tugas. Sementara, sidang tinggal beberapa bulan lagi. Beruntung gue kerja bareng Deiska, meskipun bawel, tapi masih mau berbagi. Dan yang lebih penting lagi, gue bisa deket ama dia.

Iya, gue jadi bisa deket ama Deiska.

Iya, gue selalu merhatiin Deiska.

Jadi, hasil dari penyederhanaan kalimat di atas adalah; iya, gue suka ama Deiska.

Semakin sering gue ketemu Deiska buat ngerjain tugas, semakin banyak juga perasaan suka gue yang menumpuk di hati sampe rasanya udah gak muat lagi. Pengen banget rasanya gue omongin pas lagi berdua. Tapi, tiap kali gue pengen ngomong, tiba-tiba aja gue menggalau. Gue gak tau mana yang lebih penting. Perasaan gue atau profesionalisme gue sebagai mahasiswa yang dikejar detlen sidang.

Gue pernah curhat ama Nyokap gue tentang bagaimana perasaan gue ke Deiska. Cerita tentang bagaimana perasaan itu bisa tumbuh di hati gue, dan Nyokap gue cuma bilang satu kalimat, "Take it or leave it".

Hello, Mom. I'm not on TV Champion.

*****

Take it or leave it.

Semangat gue seperti pom bensin kebakaran, gue sengaja dateng pagi ke kampus. Selain gue ada janji ketemu dosen pembimbing, gue juga mau ngomongin perasaan gue ke Deiska. Bak seorang Rambo dengan ikat kepala merah yang bertekad menghadapi segala macam resiko yang akan diterimanya, gue samperin Deiska.

"Ka, eum, bentar deh." kata gue agak nervous.

"Apa?"

"Gue mau ngomong. Eh, maksud gue, gue mau nanya boleh gak?"

"Ih, dasar orang aneh, mau nanya kok pake nanya dulu. Apaan?" kata Deiska sambil jalan.

"Eum anu.. Gue suuuuuuu..sah nyusun hasil praktek kemaren. Lo mau bantuin gue gak?" Wuaaaah! Susah banget kata 'suka' itu keluar dari mulut gue.

"Bukannya emang tiap kali ada praktek selalu gitu ya, Nyo?" kata Deiska sambil sebentar ngeliat ke gue trus jalan lagi.

Ah, matanya, idungnya, bibirnya, dandanannya yang simple. Semuanya tentang dia bikin hati gue melted selumer-lumernya.

"Makan yuk, gue laper." ajak Deiska.

Gue ngikutin Deiska ke kantin. Di dalem kepala gue kayak ada dua Sinyo lagi saling ngotot-ngototan.

Sinyo 1: Begooo! Kelamaan!

Sinyo 2: Woy, nyantai dong!

Sinyo 1: Udah, ngomong aja!

Sinyo 2: Ntar, nunggu timing-nya pas.

Sinyo 1: Keburu digebet orang, nangis bombay lo.

Sinyo 2: Iya, yak.

Waktu lagi makan, akhirnya kesampean juga gue ngomong ke Deiska meskipun gak sengaja.

"Perasaan, akhir-akhir ini lo agak berubah ya, Nyo." kata Deiska.

"Mosok sih? Sama aja ah." kata gue. Tapi dalam hati gue bilang, "Gue tuh pengen supaya lo tau kalo gue suka ama lo."

"Iya. Lo jadi peduli ama skripsi lo. Lo jadi sering telpon ato ke rumah gue buat ngejar tugas-tugas lo yang ketinggalan. Dan gue suka liat semangat lo itu."

"Oh, itu. Iya, selain itu juga karena gue suka ama lo, Ka." gue keceplosan.

Deiska tiba-tiba keselek. Gue buru-buru ngambilin teh botol, tapi yang ada gue malah numpahin teh botol di meja. Deiska diem sebentar. Mungkin dia perlu ngunyah dulu kalimat gue itu sebanyak 32 kali sebelom ditelennya.

"Lo suka ama gue? Lo becanda kan, Nyo?"

"Sorry, maksud gue gak gitu, Ka. Eh, iya, maksud gue, iya gue beneran suka ama lo." kata gue salah tingkah.

Deiska ngeliatin gue tajam. Gue makin salah tingkah.

"Eh, gue ada janji ketemu pembimbing nih." gue coba ngalihin pembicaraan.

"Lo serius ama apa yang lo bilang tadi?" tanya Deiska.

Gue gak bisa ngelak lagi. "Iya, gue beneran, Ka. Gue, Sinyo suka ama Deiska yang saat ini ada di depan gue."

Deiska senyum sambil bilang, "Kita liat aja nanti ke depannya gimana, ya."

Gue ngerasa jantung gue tiba-tiba berhenti setelah tadi bekerja keras memompa adrenalin ke otak gue. Padahal, Deiska gak bilang 'iya' ato 'enggak', tapi setidaknya gue ngerasa lega udah ngomongin perasaan gue ke Deiska. Gue juga gak tau mesti gimana. Yang gue tau cuma gue ngerasa seneng campur aduk ama malu di piring somay gue dan rasanya pengen gue jilatin sisa sambelnya sampe bersih.

*****

Ada banyak hal yang berubah setelah hari itu. Gak cuma ngebahas tugas skripsi aja, tapi seolah-olah waktu sengaja mempersempit ruang gue supaya gue makin deket ama dia. Gue makin sering jalan bareng ama dia, maen ke rumah dia, atau sekedar telponan. Iya, gue jatuh cinta ama dia. Hal itu juga dirasain Nyokap gue.

"Gimana?" tanya Nyokap gue.

"Apanya, Bu?" gue balik nanya.

"Kayaknya, ada yang disembunyiin dari Ibu, nih."

"Ah, Ibu. Gak ada kok." kata gue.

"Kamu sama Deiska, gimana?"

Muka gue langsung merah kayak kepiting rebus. Gue diem sambil senyum-senyum.

"Kayaknya anak Ibu yang satu ini lagi jatuh cinta ya.." goda Nyokap gue.

"Biasa aja kok, Bu. Kami cuma deket." kata gue sambil malu-malu.

"Makin deket, makin lengket, makin nempel lho." kata Nyokap gue sambil tersenyum. Gue gak bisa ngomong apa-apa. Memang kenyataannya begitu.

Yap, gue punya pacar. Gue pacaran.

Defenisinya adalah gue punya seseorang yang gue sayang, kangenin dan perhatiin. Begitu juga sebaliknya. Hari-hari gue pun gak lagi terasa kosong. Yang biasanya kalo tiap malem minggu gue cuma maen PS atau billiard, sekarang gue punya kesibukan baru. Ngapel ke rumah Deiska. SMS-an atau telponan, jangan ditanya. Gue bela-belain nyari tukang jual pulsa tengah malem sampe muterin Jakarta cuma buat SMS 'lagi apa?' atau 'udah tidur belom?' atau 'met tidur ya, have a nice dream'.

Meskipun begitu, gue gak lupa ama misi gue. JADI SARJANA. Malah, dengan adanya Deiska, gue makin bersemangat ngerjain skripsi gue hingga hari itu pun tiba, skripsi gue selesai dan gue siap sidang. Gue lulus sesuai target.

Wisuda pun tiba.

Gue gak tau gimana jadinya kalo gak ada Deiska. Mungkin gue gak akan berdiri di depan para dosen-dosen gue dengan memakai toga. Gue juga gak akan ngeliat Nyokap gue tersenyum bangga karena anaknya yang bandel ini udah jadi sarjana.

Pulang dari acara wisuda, gue mampir ke rumah Deiska. Kami sempet ngobrol-ngobrol sebentar.

"Abis ini lo mau ngapain, Nyo?" tanya Deiska.

"Gue, nyari kerja, ngumpulin duit, married." jawab gue singkat. "Kalo lo, Ka?"

"Mungkin sama kayak lo, Nyo. Ato gue mau ambil S2."

"Hmm.." gue cuma manggut-manggut.

Setelah hampir sebulan gue jadi pengangguran, akhirnya gue dapet kerjaan juga. Gue seneng banget. Step by step hidup gue tersusun sesuai apa yang gue rencanain. Sore itu gue telpon Deiska, ngasih tau kalo gue udah kerja. Deiska seneng denger kabar itu.

Malemnya gue ke rumah Deiska.

"Wiii yang udah kerja.. Selamat ya.. Jangan lupa gaji pertama traktir!" kata Deiska.

"Thank's, Ka. Iya tenang aja, gue traktir semau lo."

"Awas kalo lupa!"

"Hehehe.. Eh, lo gimana? Dah dapet kerjaan?" tanya gue.

Deiska diem sejenak. "Gue mau ambil S2 dulu, Nyo."

"Ouw.." kata gue santai.

"Di Inggris." lanjut Deiska.

"What!" gue kaget setengah mati. "Lo becanda kan, Ka?"

"Gak, Nyo. Gue beneran. Sorry gue baru kasih tau lo sekarang karena gue juga baru dapet kabarnya tadi siang."

Gue tiba-tiba lemes. Semangat hidup gue kayak ilang gitu aja.

"Kenapa gak di sini aja?"

"Gue juga sebenernya pengen di sini, tapi Bokap gue yang nyuruh gue ambil S2 di sana, Nyo." jawab Deiska.

Gue cuma diem. Gue gak tau mesti ngomong apa lagi. Gue pengen banget nahan Deiska untuk gak pergi, tapi gue juga gak punya alasan untuk nahan dia.

Akhirnya Deiska pun memang harus pergi. Gue masih sempet nganter dia ke bandara. Masih sempet peluk dia. Masih sempet bilang 'gue sayang lo' di depan dia. Gue juga bilang ke dia kalo gue gak sedih meskipun gue ngerasa ini gak adil.

Setelah kepergian Deiska, setidaknya masih ada komunikasi ama dia meski lewat email. Sesekali gue telpon dia, nanya kabar dia. Hari-hari pertama tanpa Deiska berasa beda banget. Sepi. Dan lagi-lagi cuma Nyokap gue tempat gue curhat. Nyokap gue cuma bilang kalo semua ada waktunya saat kita harus menemukan atau kehilangan, dan kita mesti bisa nerima semua itu.

*****

Dua tahun berlalu, udah mulai gak ada kabar, bahkan ilang. Yang namanya kangen itu gak pernah basi meski tersimpan lama. Malah justru makin dahsyat efeknya. Gue cek tabungan gue. Cukuplah buat ongkos ama idup seminggu. Gue ambil cuti, terbang ke Inggris.

Gue coba nyari Deiska di alamat yang ada di kartu pos yang pernah dia kirim ke gue. Tapi ternyata dia udah pindah. Gue cek ke kampusnya, tapi pihak kampus bilang dia udah pulang ke Indonesia dua bulan yang lalu. Gue lemes dengan sejuta pertanyaan yang gak pernah terjawab.

Setelah usaha gue gak ada hasil, akhirnya gue pulang lagi ke Jakarta. Begitu gue duduk di pesawat, hal pertama yang ada di pikiran gue adalah nikmatin perjalanan pulang gue sambil dengerin Out Of My Head-nya Fastball.

Setibanya di Jakarta, gue sengaja minta supir taksi untuk lewat rumah Deiska.

FOR SALE.

*****

Gue tau, gak ada yang bener-bener selesai di dunia ini. Seperti halnya Deiska, blank. Ya, gue tau Deiska bukan buat gue, tapi setidaknya gue pernah ngerasain manis-getirnya hidup gue waktu bersama Deiska. Satu hal yang sampe sekarang belom pernah sempet gue bilang ke Deiska, bahwa gue gak akan bisa seperti ini tanpa dia. Bahwa dia begitu berarti dalam hidup gue.

Seperti kopi yang selalu tertinggal di tenggorokan.

Sometimes I feel

Like I am drunk behind the wheel

The wheel of possibility however it may roll

Give it a spin

See if it can somehow factor in

You know there's always

More than one way to say exactly

What you mean to say

(Out Of My Head – Fastball)

==END==

1 komentar: